Malam itu Icha terlihat sangat sibuk. Ia mondar-mandir di kamarnya, seperti sedang menyiapkan sesuatu. Saat sudah selesai dengan pekerjaannya, dia menghampiri sang mama.

“Mama, ayo kita beli pensil warna! Kata bu guru besok ada lomba mewarnai!Gratis kok ma, nggak bayar!”kata Icha dengan semangat.

Mama Icha hanya tersenyum melihat Icha yang begitu menantikan acara itu. Pantas saja Icha bersemangat, dia sangat suka mewarnai.

Nah sahabat pelangi, jadi pada penasaran kan, seperti apa sih sebenarnya acara yang diikuti oleh Icha itu?

Sahabat pelangi, sabtu 23 Mei lalu, kakak-kakak kita dari Fikom Unpad mengadakan acara lomba mewarnai dan penyuluhan kesehatan gigi, dengan tema ‘warna-warni sehat dan ceria’. Acara ini diadakan di sekolahannya Icha, TK Kemala Bhayangkari 43 Jatinangor. Ada yang tau? :)

Panitia acara, Kak Ella, mengatakan kalau acara ini dimulai pukul 8 pagi. Saat itu semua anak dikumpulkan di lapangan untuk melakukan apel. Ada yang menarik saat melihat mereka apel pagi. Seragam sekolah mereka saat itu kan seragam polisi, hmm…lihat mereka berpakaian polisi dan berbaris rasanya seperti melihat miniatur polisi. Lucu. Pas di apel ini, Bu Etik seba-gai kepala sekolah berpesan kepada anak didiknya untuk belajar sportif. Jadi, ketika nanti ada pengumuman pemenang, semua orang akan menyambutnya dengan suka cita. Meskipun mungkin dia tidak jadi juara.

Kata Bu Etik, masih ada anak yang suka menangis dan meraung-raung ketika dia ikut lomba dan ternyata belum menang. Nah, sahabat pelangi, tentunya ini bukan hal yang bagus untuk ditiru ya..

Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba mewarnai. Inti acara yang membuat Icha dan teman-temannya bersemangat. Mewarnai memang asik sahabat, kita bisa menjadikan gambar yang tadinya hanya hitam putih, menjadi berwarna-warni. Lebih terkesan hidup dan ceria! 

Setelah mewarnai, sambil menunggu penilaian oleh tim juri, teman-teman kita mendapat-kan penyuluhan tentang kesehatan gigi. Acara ini dipimpin oleh temen-temen dari FKG. Semua anak memperhatikan dengan cermat, seperti apa cara gosok gigi yang benar, dan kapan saja kita harus menggosok gigi.

“Aku suka gosok gigi. Setiap habis makan dan sebelum tidur. Kata Mama, kalo kita jarang sikat gigi, nanti jadi banyak kuman,” kata Icha sambil memamerkan senyumnya.

Hayooo… sahabat pelangi di sini pada suka gosok gigi nggak? :)

Nah, selepas penyuluhan kesehatan gigi, waktunya pengumuman juara lomba mewarnai. Semua anak dag dig duer, berharap bisa menyandang juara lomba. Akan tetapi, yah, seperti ini lah lomba. Ada yang menang, ada yang kalah. Ngga perlu disesali berlebihan kalau kita belum menang. Pasti ada kesempatan berikutnya ko. Tenang aja ;)

Sahabat pelangi, dalam acara ini semua peserta terlihat sangat gembira. Termasuk Desti, sahabat Icha yang mengatakan langsung kegembiraannya.

“Iya, Desti suka acara kayak gini. Seru!” katanya.

Eh sahabat , ternyata tidak Icha dan Desti saja loh yang senang. Ibu Icha yang saat itu hadir juga merasakan kegembiraan.

“Kita seneng liat anak-anak sambil main sambil belajar. Mereka lebih cepat menyerap sebuah pelajaran saat belajarnya bareng sama teman-temannya,”kata Ibunya Icha menutup pembicaraan.

Nah, sahabat pelangi, gimana, seru kan ceritanya?

Semoga sedikit cerita dari sekolah Icha ini bisa bermanfaat buat kita semua :)

3 komentar:

indah tri novita dan inda astri andini @ 4 Juni 2009 06.30

wah cara yang baik. penyuluhan gigi sambil lomba mewarnai. jadi mereka ga jenuh..

rocket blog-lifestyle @ 4 Juni 2009 07.40

acara yang seru untuk anak-anak.anak kecil kan paling suka mewarnai ya :D

beeryeah @ 4 Juni 2009 09.24

acara yang bagus buat anak2,mendidik mereka dengan cara bermain sambil belajar ;D