Sahabat pelangi, kalian tentu mengenal burung merak bukan? Burung dengan ekor yang bila dikembangkan terlihat seperti kipas besar yang indah.


Burung merak merupakan salah satu burung yang paling menarik perhatian kita. Hal ini dikarenakan burung merak, khususnya merak jantan, memiliki ekor yang dapat dikembangkan menjadi seperti kipas. Dari panjang burung merak yang berkisar antara 2 sampai 2,5 meter, panjang ekornya bisa mencapai 90 cm sampai 1,2 meter, mungkin sedikit lebih pendek dari tinggi kalian. Berbeda dengan burung merak betina yang tidak memiliki kipas, tetapi memiliki jambul berwarna gelap.

Ekornya ini memiliki warna yang tak kalah indahnya. Ada yang berwarna biru, hijau, dan emas. Bila dikembangkan kita dapat melihat corak yang cukup unik dan teratur pada ekor burung merak ini. Terdapat corak seperti “mata” yang warnanya dapat berubah. “Kipas” yang dibentuk oleh buku keras pada ekor aslinya ini diangkat dan dipertahankan agar tegak.

Di antara kalian yang pernah melihatnya di kebun binatang, mungkin ada yang kurang beruntung tidak dapat melihat burung merak mengembangkan ekornya karena burung ini tidak bisa terus-terusan memamerkan ekornya yang indah ini. Ternyata, merak jantan memamerkan ekornya pada merak betina dan hanya untuk merak betina. Jadi, mudah saja bila kalian ingin melihat merak jantan mengembangkan ekornya, bawa saja merak betina ke dekat merak jantan itu. Mau mencoba?

2 komentar:

diyan mardiyani @ 7 Juni 2009 05.43

oh gitu ya.. pantesan kadang lama banget nunggu merak ngembangin sayapnya.

pelangikecil @ 7 Juni 2009 08.36

hahaha
nanti kapan2 jangan ditungguin atuh! percuma ditungguin kalo nggak ada merak betinanya mah, hihi

semoga lain kali diyan sukses yaa nungguin ekor meraknya dikembangin, hihi